Pages

Subscribe:

Minggu, 16 September 2012

Mendulang Rupiah Lewat Komunitas


 
       

Di sepanjang siklus hidup manusia, khususnya saat remaja, manusia cenderung membentuk suatu kelompok atau komunitas.  Komunitas dapat terbentuk melalui persamaan tujuan, kepercayaan, sumber daya, preferensi, kebutuhan, dan sejumlah kondisi lain. Proses terbentuknya komunitas pun biasanya berlangsung secara alamiah, mengingat aktivitas manusia sebagai makhluk sosial.
Saat ini, jumlah komunitas yang terbentuk di Indonesia terus mengalami pertambahan.  Jumlah ini bertambah seiring dengan bertambahnya ragam komunitas yang terbentuk atas aktivitas baru maupun inovasi terhadap aktivitas sejenis yang telah ada sebelumnya.  
Kegiatan yang dilakukan oleh tiap komunitas cukup bervariasi. Misalnya saja, untuk komunitas yang terbentuk atas kesamaan preferensi, kegiatan komunitas lebih banyak diisi dengan berbagi pengetahuan dan sosialisasi. Dengan adanya aktivitas ini, diharapkan kemampuan anggota dalam komunitas itu semakin berkembang dan menumbuhkan rasa solidaritas sesama.
Salah satu hal positif yang bisa diambil dari kegiatan berkomunitas adalah meningkatnya kemampuan serta keberanian melakukan dan menunjukkan kemampuan pada orang banyak secara lebih mudah. Karena tidak dapat dipungkiri, bahwa dukungan dan teman mampu memberikan semangat yang luar biasa dalam melakukan aktivitas. Tentunya, dengan semangat yang lebih baik, seseorang dapat menjalankan aktivitas dengan senang hati dan dapat memberikan hasil yang berkualitas.
Sebagai suatu bentuk kecil dari organisasi, komunitas memiliki suatu tujuan.  Salah satu contoh tujuan utama tersebut adalah kesejahteraan anggota. Oleh karena itu, dalam pencapaian tujuan tersebut, tidak jarang komunitas melakukan beberapa aktivitas guna memegang komitmen pada tujuan tersebut.
Tuntutan ekonomi dan kesadaran masyarakat untuk berbisnis secara mandiri, menjadi factor yang mendorong munculnya bisnis dalam komunitas.  Akibatnya, komunitas yang semula menjadi wadah bersenang- senang dapat memiliki fungsi ganda yaitu sebagai wadah berbisnis.
Komunitas sebagai wadah berbisnis sangat erat kaitannya dengan aktivitas dan  budaya suatu komunitas memiliki keterkaitan dengan pencapaian tujuan komunitas tersebut. Dimana, aktivitas yang dilakukan komunitas dapat menghasilkan orang- orang yang berkompeten sesuai dengan preferensinya. Kemudian, orang- orang yang berkompeten ini berkumpul dipersatukan dalam budaya kerja sama dan solidarits yang erat sehingga dapat menghasilkan iklim kerja yang baik. Sehingga, dengan iklim kerja yang baik aktivitas komunitas dapat berjalan dengan baik terutama dalam kegiatannya mencapai tujuan.

0 komentar:

Posting Komentar