Pages

Subscribe:

Senin, 15 Oktober 2012

Topik Tugas Akhir: Analisa Struktur Organisasi



Perusahaan yang beroperasi secara nasional dan memiliki beberapa kantor yang tersebar di Indonesia memiliki hierarki stuktur organisasi yang cukup besar. Dan pada level yang lebih rendah seperti divisi, struktur organisasi perusahaan terbagi lagi menjadi struktur hierarki yang lebih kecil dan khusus. Sebagai suatu stuktur dari perusahaan, struktur dari divisi dalam perusahaan dirancang berbentuk matriks.
Adapun permasalahan yang dihadapi adalah seringnya terjadi perubahan dari struktur organisasi pada lingkup divisi ini. Perubahan yang dilakukan bertujuan untuk menyesuaikan struktur dengan keadaan perusahaan. Perubahan struktur organisasi baik secara langsung maupun tidak dapat berdampak pada beberapa pihak yang berhubungan dengan perusahaan seperti karyawan, customer, dan mitra kerja.
      Berdasar data terakhir yang diberikan perusahaan, perubahan struktur organisasi yang terakhir dilakukan  adalah pada bulan April 2012. Kemudian, setelah beberapa bulan dijalankan maka perlu dilakukan analisis tentang struktur organisasi terutama mengenai keterkaitan lingkungan bisnis dan pelaksanaan rencana strategis dalam efektivitas struktur organisasi. Tujuan analisis ini adalah untuk mengetahui sejauh mana kesesuaian struktur organisasi dengan factor yang mempengaruhi pembentukkannya (lingkungan bisnis) serta sejauh mana struktur organisasi mampu menjalankan rencana strategis, sehingga dapat diketahui seberapa efektif kerja struktur organisasi ini dalam mencapai tujuan perusahaan.

0 komentar:

Posting Komentar